Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fitch Tegaskan Peringkat XL Axiata (EXCL) BBB

Fitch Rating menegaskan peringkat PT XL Axiata Tbk. (EXCL) pada surat utang global jangka panjang dan surat utang rupiah di level BBB.
 Fitch tetapkan peringkat EXCL di BBB/
Fitch tetapkan peringkat EXCL di BBB/

Bisnis.com, JAKARTA- Fitch Rating menegaskan peringkat PT XL Axiata Tbk. (EXCL) pada surat utang global jangka panjang dan surat utang rupiah di level BBB.

"Secara bersamaan, Fitch Ratings Indonesia menegaskan peringkat nasional jangka panjang XL pada level AAA(idn) dengan outlook stabil," kata Direktur International Ratings Fitch Nitin Soni dalam keterangan resmi, Jumat (23/1/2015).

Dia menjelaskan, peringkat nasional AAA tersebut menunjukkan peringkat tertinggi yang diberikan oleh Fitch Ratings pada skala peringkat nasional untuk Indonesia.

Peringkat ini disematkan untuk emiten atau utang emiten dengan prediksi risiko relatif terendah atas gagal bayar utang dibandingkan dengan emiten lain atau obligasi negara.

Peringkat BBB untuk XL berkaitan erat dengan kekuatan kredit induk usaha EXCL sebesar 66,5% yakni Axiata Group Berhad. Peringkat Fitch untuk XL secara top-down sesuai dengan kriteria induk dan anak usaha mengingat kepentingan strategis dan keuangan mereka bagi induk.

"XL adalah anak usaha Axiata yang memiliki pertumbuhan tercepat dengan berkontribusi 35% dan 34% terhadap pendapatan dan EBITDA selama sembilan bulan yang berakhir pada 30 September 2014," paparnya.

Dia meyakini, Axiata memiliki kemamuan dan kemampuan untuk mendukung keperluan XL, mengingat besarnya perusahaan dan merek yang dimiliki XL. Axiata memang memberikan dukungan nyata salah satunya dengan memberikan pinjaman US$500 juta kepada XL untuk mendanai sebagian akuisisi PT Axis Telecom senilai Rp10 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sukirno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper