Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tertarik Saham PGAS? Ini Harga Paling Aman Untuk Membeli

Harga saham PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGAS) dinilai memiliki potensi pertumbuhan yang cukup baik kedepannya dan bisa menjadi saham pilihan.
Harga saham PGAS dinilai memiliki potensi pertumbuhan yang cukup baik
Harga saham PGAS dinilai memiliki potensi pertumbuhan yang cukup baik

Bisnis.com,JAKARTA— Harga saham PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGAS) dinilai memiliki potensi pertumbuhan yang cukup baik kedepannya dan bisa menjadi saham pilihan.

Hal ini membuat PT Investa Saran Mandiri merekomendasikan beli (buy) untuk BUMN gas tersebut. Namun, di level harga berapa paling baik bagi investor untuk membeli saham PGAS?

Tim riset PT Investa Saran Mandiri, Jhon Veter, Hans Kwee, dan Kiswoyo Adi Joe memprediksi harga wajar saham PGAS dalam 12 bulan kedepan berada di level Rp7.000.

“Kami merekomendasikan beli dengan diskon 20% dari harga wajar PGAS, sehingga ketika harga berada di bawah level Rp5.800 menjadi level aman untuk dibeli,” tuturnya dalam riset yang diterima Bisnis, Rabu (21/1/2015).

Sementara itu, jika dilihat dari rasio harga saham terhadap laba per saham (price to earning ratio/PER), Investa Saran Mandiri menilai level 9,5 kali merupakan level paling menarik untuk dibeli karena menjadi salah satu level support terkuat.

Dalam 5 tahun terakhir, lanjutnya, PER PGAS tidak pernah di bawah level 9, bahkan sempat menyentuh level 38,5 kali.

“Range PER PGAS yang terlihat solid ada di level 9 - 16,5 selama 1 tahun terakhir,” ungkapnya.

Adapun jika dilihat dari rasio harga saham terhadap nilai buku (price to book value/PBV), level 4 merupakan level menarik untuk di beli.

Sejak 5 tahun terakhir, PBV PGAS terlihat di bawah level 11, bahkan dalam 3 tahun terakhir level atas PBV PGAS berada di level 7.

Range PBV PGAS terlihat ada di level 4 - 6,5. Jika PBV PGAS berada di level 4 terlihat akan sangat menarik untuk di beli,” paparnya.

Lebih lanjut dia membandingkan kenaikan harga saham PGAS sejak 2005-2014 terpantau melesat 1.370%, jauh lebih tinggi dari kenaikan IHSG sebesar 411%.

“Melihat hal tersebut, kami menilai PGAS merupakan saham konsumen yang layak untuk dibeli dan disimpan,” ujarnya.

Pada siang ini, harga saham PGAS terpantau naik 0,47% ke level Rp5.300 pada pukul 13.51 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper