Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BURSA JEPANG: Saham Fluktuatif Jelang Akhir Pertemuan The Fed

Saham Jepang berfluktuasi setelah nilai yen melemah menjelang bank sentral AS mengambil keputusan terkait tingkat bunga acuan pada hari ini dan besok.
 Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA—Saham Jepang berfluktuasi setelah nilai yen melemah menjelang bank sentral AS mengambil keputusan terkait tingkat bunga acuan pada hari ini dan besok.

Saham Inpex Corp. menguat 3,4% dan saham Tokyo Electron Ltd. naik 2,8%, sedangkan saham Japan Tobacco Inc. anjlok 6,9% setelah satu perusahaan pialang memangkas peringkat sahamnya.

Indeks Topix (TPX) menguat 0,3% ke posisi 1.357,02 di bursa Tokyo setelah sebelumnya melemah 0,5%. Para investor menunggu akhir dari pertemuan the Fed yang akan menentukan tingkat bunga.

“Eemerging market melemah, namun pasar negara maju menguat—itulah struktur yang berlaku di dunia saat ini,” ujar Ayako Sera, ahli strategi pasar pada Sumitomo Mitsui Trust Bank Ltd. sebagaimana dikutip Bloomberg, Rabu (17/12/2014).

Dia mengatakan saham Jepang diperkirakan akan melemah lagi, tetapi karena ada pelonggaran tambahan maka pasar sekarang menguat.

Bank sentral AS akan memantau inflasi selama ini dan tidak akan mempertahankan tingkat bunga mendekati nol persen  selama waktu tertentu. Pasalnya, bank itu ingin keluar dari kebijakan moneter yang longgar, menurut sejumlah ekonom.

“Jika kita mendapati kebijakan yang ketat sekarang akibat the Fed menaikkan tingkat bunga maka hal itu akan memicu ketegangan di pasar keuangan,” ujar Sera.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nurbaiti
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper