Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TWU Belum Siap IPO

PT Tri Wahana Universal belum memastikan realisasi rencana pelaksanaan initial public offering (IPO) meskipun perusahaan yang bergerak di bidang penyulingan minyak tersebut dinilai sudah siap melakukannya.

JAKARTA, Bisnis.com—PT Tri Wahana Universal belum memastikan realisasi rencana pelaksanaan initial public offering (IPO) meskipun perusahaan yang bergerak di bidang penyulingan minyak tersebut dinilai sudah siap melakukannya.

Sebelumnya, Presiden Direktur PT Saratoga Sedaya Investama Tbk. Sandiaga Uno menargetkan dua anak usahanya yaitu PT Tri Wahana Universal (TWU) dan PT Medco Power Indonesia bisa melantai bursa pada kuartal II tahun depan. Namun, manajemen TWU justru mengaku belum melakukan persiapan untuk merealisasikan rencana tersebut.

Direktur Utama TWU Rudi Tavinos mengatakan rencana IPO perusahaan yang dipimpinnya tersebut masih belum jelas. Dia juga memastikan untuk saat ini Tri Wahana Universal belum siap untuk melakukan initial public offering (IPO) dalam waktu dekat. “Itu [rencana IPO] baru wacana,” katanya melalui pesan singkat kepada Bisnis, Senin (8/12).

Sampai kuartal III/2014, Tri Wahana Universal berkontribusi besar terhadap kinerja PT Saratoga Investama Sedaya Tbk. yang mengantongi 35% kepemilikan efektif di perusahaan tersebut. Dalam siaran pers yang dirilis SRTG, pendapatan usaha TWU selama sembilan bulan pertama tahun ini mencapai Rp4,7 triliun, naik 82% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Sementara itu, pendapatan konsolidasian SRTG sendiri mencapai Rp4,7 triliun atau naik 105% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebanyak Rp2,3 triliun. Sandiaga menuturkan, kenaikan ini terutama didorong oleh peningkatan kapasitas produksi minyak milik TWU dari 6.000 barel per hari menjadi 16.000 bph.

Dengan pencapaian sampai saat ini, Sandiaga menilai perusahaan penyulingan tersebut sudah siap untuk melantai bursa. Menurutnya, salah satu aspek yang masih harus ditingkatkan adalah dari sisi ukuran aset. Saratoga kemungkinan akan melepas 15% kepemilikan saham di anak usahanya tersebut.

“Kami masih menunggu situasi yang kondusif. Tapi yang jelas paling cepat pada paruh pertama tahun depan,” katanya.

Selain TWU, Saratoga juga berencana melepas 15% sahamnya di PT Medco Power Indonesia yang bergerak di bidang pembangkit listrik dengan energy terbarukan. MPI saat ini fokus menggarap bisnis mini hidro dan panas bumi, termasuk proyek panas bumi Sarulla berkapasitas 3 x 110 MW. Perusahaan juga memperoleh pembiayaan sebanyak US$1,7 miliar untuk menggarap proyek tersebut yang ditargetkan mulai beroperasi secara komersial di tahun 2016.  

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper