Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Obligasi SMF Oversubscribed Hingga Rp1,4 Triliun

Emisi obligasi yang ditawarkan PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) cetak oversubscribed cukup besar dari target menjadi Rp1,454 triliun.

Bisnis.com, JAKARTA--Emisi obligasi yang ditawarkan PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) cetak oversubscribed cukup besar dari target menjadi Rp1,454 triliun.

Direktur Utama SMF Raharjo Adisusanto mengatakan surat utang yang diterbitkan melalui skema Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) II tahap V awalnya ditargetkan mencapai Rp1 triliun. Tetapi, pada saat pre-bookbuilding, terjadi oversubscribed sehingga perseroan memutuskan untuk menambah nilai emisi.

"Awalnya mau Rp1 triliun, tetapi oversubscribeb lebih dari Rp1,4 triliun, akhirnya saya ambil semua," ungkapnya kepada Bisnis, Rabu (26/11/2014).

Obligasi bertenor 1 tahun dijatahkan mencapai Rp701 miliar dan Rp753 miliar untuk tenor 3 tahun. Kupon yang dipatok untuk PUB II tahap V tersebut mengambil batas atas dari kupon indikasi.

Kupon obligasi bertenor 373 hari dipatok 9,65% dari indikasi 8,75%-9,65%. Sedangkan kupon obligasi bertenor 3 tahun dipatok 10% dari indikasi 9,5%-10%.

PUB II tahap V tersebut merupakan bagian dari PUB II senilai Rp5 triliun yang diterbitkan sejak Desember 2012. Dengan meningkatnya PUB II tahap V menjadi Rp1,454 triliun, PUB II SMF masih tersisa Rp880 miliar.

Menurutnya, sisa PUB II tidak akan diterbitkan karena pembatasan waktu emisi hingga akhir Desember 2014. Tahun depan, SMF mengkaji untuk kembali menerbitkan obligasi PUB III minimum Rp5 triliun dengan tenor 2 tahun.

Penerbitan obligasi kali ini, SMF mendapatkan peringkat AA+ dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo). Saat ini SMF masih memroses izin di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan tanggal efektif serapan dana dijadwalkan pada 16 Desember 2014.

Saat ini, SMF juga tengah memroses penerbitan kontrak investasi kolektif-efek beragun aset (KIK EBA) senilai Rp1,5 triliun. SMF melakukan sekuritisasi aset tagihan kredit pemilikan rumah (KPR) milik PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sukirno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper