Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SURAT UTANG: SMF Terbitkan Obligasi Rp1 Triliun

Perusahaan pembiayaan pelat merah PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) menerbitkan obligasi senilai Rp1 triliun pada akhir tahun ini.

Bisnis.com, JAKARTA--Perusahaan pembiayaan pelat merah PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) menerbitkan obligasi senilai Rp1 triliun pada akhir tahun ini.

Sementara itu, emisi obligasi yang siap diterbitkan senilai Rp1 triliun tersebut merupakan bagian dari penawaran umum berkelanjutan (PUB) II SMF senilai Rp5 triliun selama 2 tahun.

Perseroan telah menerbitkan PUB II tahap I pada Desember 2012 dengan nilai Rp797 miliar, tahap II pada 2013 senilai Rp1,119 triliun, tahap III dan IV pada 2014 senilai masing-masing Rp297 miliar dan Rp500 miliar. PUB II tahap V ditargetkan mencapai Rp1 triliun.

Bila mendapatkan pernyataan efektif dari OJK, secara keseluruhan obligasi yang diterbitkan SMF mencapai Rp3,7 triliun. Periode penerbitan PUB II senilai Rp5 triliun akan berakhir pada tahun ini.

"Obligasi memiliki tenor 1-3 tahun, yang 1 tahun kupon indikasinya 8,75%-9,65%, dan yang 3 tahun 9,5%-10%," tuturnya kepada Bisnis, Senin (24/11/2014).

Hingga saat ini, SMF telah menerbitkan surat utang sebesar Rp1,3 triliun masing-masing obligasi Rp797 triliun dan utang jangka menengah (medium term notes/MTN) sebesar Rp500 miliar.

Kendati telah menerbitkan MTN, Raharjo menegaskan pihaknya menghindari penerbitan surat utang dengan jangka yang lebih pendek ketimbang obligasi dan KIK EBA tersebut.

Penerbitan MTN dilakukan apabila terdapat kebutuhan dana yang mendesak dan tidak cukup waktu untuk menerbitkan obligasi. "Obligasi dari 3 tahun sampai 5 tahun. Kami paling utama obligasi," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sukirno
Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper