Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sejumlah Saham Terpukul Kenaikan Harga BBM, Perhatikan Sektor dan Saham Ini

Sejumlah saham yang akan terpukul karena kenaikan terseburt adalah sektor otomotif, transportasi darat, konsumer, serta perbankan.

Bisnis.com, JAKARTA — Kenaikan harga BBM bersubsidi yang diberlakukan pemerintahan pada hari ini diprediksi mempengaruhi sejumlah sektor dan saham di bursa Indonesia.

Kepala Riset MNC Securities Edwin Sebayang menyebutkan sejumlah saham yang akan terpukul karena kenaikan terseburt adalah sektor otomotif, transportasi darat, konsumer, serta perbankan.

Adapun dari sisi makroekonomi, Edwin memperdiksi inflasi Indonesia tahun ini bisa mencapai 6,19% dan pertumbuhan Indonesia di kuartal IV/2014 berpotensi berada di bawah 5%.

"Merujuk statement Menteri Keuangan kemarin, harga keekonomian BBM bersubsidi saat ini sekitar Rp10.000/liter, itu artinya walaupun sudah dinaikkan, pemerintah tetap memberikan subsidi sekitar Rp1.500/liter dikali 46 juta kilo liter," ujarnya dalam riset yang diterima Bisnis, Selasa (18/11/2014).

Sementara itu, Head of Research Woori Korindo Securities Indonesia menyebutkan pilihan saham-saham yang dapat diperhatikan dengan adanya imbas kenaikan BBM ini a.l AKRA, PGAS, WIKA dkk, ADHI, TLKM, dan KLBF.

Dia juga memprediksi akan terjadi adu kekuatan volume jual beli antara buyer yang setuju kenaikan BBM dan seller yang tidak sepakat dengan kebijakan tersebut.

"Bagi investor ritel, tetap perhatikan ritme dan arah pasar. Jangan panik dan terlalu berlebihan menanggapi kebijakan tersebut," ungkapnya.

Dia memprediksi indeks bisa berfluktuasi pada awal perdagangan seolah-olah pasar merespons negatif kebijakan tersebut.

"Padahal investor asing sedang menampung 'barang' untuk kemudian dilakukan profit taking," tambahnya.

Reza juga mengatakan kenaikan harga BBM bersubsidi akan menyumbang inflasi sebesar 2,65% untuk November dan Desember.

Namun, hal itu diprediksi hanya sementara dengan asumsi pemerintah dapat menjaga pasokan barang dan bahan makanan, serta pengalihan dana ke sejumlah sektor seperti infrastruktur, kesehatan, konstruksi, dan sektor produktif lainnya.

Seperti diketahui, Presiden RI Joko Widodo semalam mengumumkan kenaikan harga BBM bersubsidi sebesar Rp2.000/liter, yakni jenis premium menjadi Rp8.500/liter dan solar menjadi Rp7.500/liter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper