Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Facebook dan Ericsson Tunjuk XL Axiata Jadi Operator Pertama di Dunia

PT XL Axiata Tbk menjadi operator pertama di dunia sebagai mitra Facebook dalam meningkatkan jaringan cakupan aplikasi (app coverage).

Bisnis.com, JAKARTA – PT XL Axiata Tbk menjadi operator pertama di dunia sebagai mitra Facebook dalam meningkatkan jaringan cakupan aplikasi (app coverage).

Hal ini sejalan dengan aksi Facebook dan Ericsson menggandeng PT XL Axiata Tbk dalam mengembangkan proyek Internet.org untuk membawa akses internet yang terjangkau ke dua pertiga penduduk dunia yang belum terhubung ke jaringan internet secara maksimal.

CEO XL Axiata, Hasnul Suhaimi mengatakan kolaborasi dengan Ericsson dan Facebook merupakan bagian dari komitmen XL untuk terus memberikan pengalaman pelanggan yang menyeluruh dan lebih baik khususnya dalam menggunakan layanan data.

Kerja sama ini, jelasnya, menciptakan metodologi baru untuk menghitung dan meningkatkan kinerja jaringan secara end-to-end, dengan optimalisasi yang dihasilkan dapat meningkatkan app coverage hingga 70%.

Menurut dia, optimalisasi perluasan jaringan yang diimplementasikan melalui proyek kerja sama ini akan meningkatkan app coverage sampai dengan 70%.

"Kami yakin app coverage merupakan hal yang penting dalam menggunakan aplikasi Facebook pada network-wide statistics yang telah terbukti menjadi sebuah cara yang inovatif dan efisien untuk mengoptimalkan jaringan telekomunikasi dan aplikasi," ujarnya, seperti dikutip Antara, Selasa (14/10/2014).

Sementara itu, Vice President Internet.org, Facebook, Chris Daniels mengatakan kemitraan ini bagian dari upaya Internet.org untuk menghubungkan dua pertiga penduduk dunia yang belum memiliki koneksi internet.

"Dengan metodologi yang telah ditetapkan dalam white paper, kita memiliki model untuk meningkatkan kinerja jaringan yang dapat diaplikasikan secara global melalui operator jaringan bergerak di dunia," katanya.

Di Indonesia, terdapat 75% pengguna berada pada jaringan 2G GSM/EDGE, Indonesia sendiri merupakan basis pengguna Facebook terbesar ke-empat di dunia.

Perubahan realitas pasar di Indonesia tercermin dalam jaringan XL Axiata dimana pada 2013, trafik data meningkat sebesar 142%, di mana setengah dari 62,9 juta pelanggan XL adalah pengguna data dan sebagian besar dari mereka menggunakan Facebook.

Sementara itu, Executive Vice President and Head of Segment Networks Ericsson, Johan Wibergh, mengatakan mobilitas telah mengubah cara hidup masyarakat dan cara mengoperasikan bisnis.

Proyek kerja sama Ericsson yang terbaru dengan Facebook dan mitra XL Axiata, telah menaikkan standar dalam hal pemahaman, mengukur, dan meningkatkan app coverage performa jaringan dari perspektif pengguna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor
Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper