Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

FISH, JPFA, dan CPIN Ambil Alih 100% Saham Nusa Prima Logistik

PT FKS Multi Agro Tbk. melakukan kerja sama dengan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk. dan PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk. mengakuisisi PT Nusa Prima Logistik dengan membeli seluruh sahamnya senilai Rp1,24 miliar.
Ilustrasi pakan ternak/Bisnis
Ilustrasi pakan ternak/Bisnis

bisnis.com, JAKARTA--PT FKS Multi Agro Tbk.  melakukan kerja sama dengan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk. dan PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk. mengakuisisi PT Nusa Prima Logistik dengan membeli seluruh sahamnya senilai Rp1,24 miliar.

Dalam kerja sama itu, FKS Multiagro (FISH) menjadi  pemegang saham mayoritas dengan memiliki 3.250 saham atau 65% dari keseluruhan jumlah saham. Sedangkan, Japfa Comfeed (JPFA) dan Charoen Pokphand (CPIN) masing-masing memiliki 875 saham atau 17,5% dari keseluruhan saham.

Sofia Ridmarini, Sekretaris Perusahaan FKS Multiagro, mengatakan perseroan melakukan investasi senilai Rp812,5 juta untuk kerja sama pembelian saham Nusa Prima Logistik.

Adapun JPFA dan CPIN masing-masing melakukan investasi senilai Rp218,75 juta untuk investasi Nusa Prima Logistik.

“Tujuan kami melakukan kerja sama ini agar menciptakan efektivitas dan efisiensi dalam pelayanan pengiriman bahan baku pakan ternak dari atau ke Terminal Curah Kering Teluk Lamong, Surabaya,” ujarnya dalam keterbukaan informasi pada Kamis (2/10) malam.

Sebelumnya, Nusa Prima Logistik  telah melakukan perjanjian kerja sama dengan PT Terminal Teluk Lamong untuk pembangunan fasilitas dan sistem operasional gudang transit curah kering. Gudang itu berlokasi di Terminal Curah Kering Teluk Lamong, Surabaya, Jawa Timur.

Maya Pradjono, Sekretaris Perusahaan JPFA, mengatakan dalam perjanjian antara Nusa Prima Logistik juga berhak memiliki, mengoperasikan, dan menggunakan gudang Terminal Curah Kering Teluk Lamong tersebut.

Nantinya, Terminal Curah Kering Teluk Lamong itu akan menjadi tujuan pengiriman dan tempat pengiriman bahan baku pakan ternak FISH, JPFA, dan CPIN untuk daerah Jawa timur.

JPFA dan CPIN merupakan pelanggan dari produk bahan baku pakan ternak FISH yang sampai semester I/2014 berkontribusi paling besar dalam pemberian uang muka penjualan. CPIN memberikan uang muka penjualan FISH senilai US$10,85 juta atau Rp131,97 miliar.

Sedangkan, JPFA sampai semester I ini sudah memberikan uang penjualan FISH untuk bahan baku pakan ternak senilai US$9,86 juta atau Rp119,92 miliar.

Setelah menjadi pemegang saham Nusa Prima Logistik yang memiliki hak operasional gudang transit curah kering di Teluk Lamong. FISH juga tengah merampungkan gudang penyimpanan baru dengan nilai investasi US$15 juta atau Rp181,36 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Surya Rianto
Editor : Ismail Fahmi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper