Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SDM Pasar Modal Minim, BEI Denpasar Gaet Kalangan Muda

PT Bursa Efek Indonesia Perwakilan Denpasar membidik kalangan muda karena minimnya jumlah sumber daya manusia pasar modal di Bali.

Bisnis.com, DENPASAR--PT Bursa Efek Indonesia Perwakilan Denpasar membidik kalangan muda karena minimnya jumlah sumber daya manusia pasar modal di Bali.

Menurut Kepala Perwakilan BEI Denpasar I Gusti Agung Alit Nityaryana, kendala terbesar pertumbuhan pasar modal di Bali adalah SDM. Jumlah anggota bursa (AB) di Bali hanya 14 sekuritas dan rata-rata memiliki SDM 2-3 orang, sementara jumlah investor mencapai 5.679 orang.

"Tidak mungkin satu orang handle 1.000 investor, solusi terbaik harus menambah SDM," tuturnya, Selasa (30/9/2014).

Mengantisipasi persoalan itu, BEI Denpasar menggelar Trading Simulation yang melibatkan generasi muda. Tujuannya, kata Alit, untuk mendapatkan dua keuntungan sekaligus yakni menambah jumlah investor dan SDM pasar modal.

Anak muda disasar, karena lebih mudah menerima informasi. Pola pikir masyarakat mengenai pasar modal tidak terlalu bagus.

Penyebabnya adalah maraknya investasi bodong yang mengaku bagian dari pasar modal. Membuktikan bahwa pasar modal tidak berkaitan dengan investasi bodong sangat sulit dilakukan dan butuh waktu lama.

Dengan menyasar anak muda usia di bawah 30 tahun, informasi mengenai pasar modal lebih mudah diberikan. Selain itu, dalam skala pemasaran, keputusan keluarga pada era sekarang salah satunya berada di tangan anak muda.

"Jadi ada harapan adanya multiplier effect jika melibatkan anak muda, siapa tahu keluarganya dapat informasi lebih bagus," tuturnya.

Informasi mengenai pasar modal penting karena potensi Bali sangat besar dengan pendapatan asli daerah besar dan jumlah kalangan menengah dibandingkan dengan daerah lain lebih banyak.

Informasi benar dipercaya dapat mengubah mindset masyarakat bahwa peluang investasi tidak hanya di properti saja, tetapi pasar modal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Feri Kristianto
Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper