Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

EXCL Sewa Kembali Menara yang Dijual ke SUPR

PT XL Axiata Tbk. (EXCL) menjual 3.500 menara telekomunikasinya kepada PT Solusi Tunas Pratama Tbk. (SUPR).Manajemen XL Axiata mengatakan nilai transaksi itu mencapai Rp5,6 triliun dengan pembayaran dilakukan secara tunai.

Bisnis.comJAKARTA — PT XL Axiata Tbk. (EXCL) menjual 3.500 menara telekomunikasinya kepada PT Solusi Tunas Pratama Tbk. (SUPR) dengan nilai transaksi itu Rp5,6 triliun.

Kami umumkan selesainya proses lelang terbuka pada 30 September 2014 dengan Solusi Tunas Pratama sebagai pemenangnya,” paparnya dalam keterangan tertulis yang dipublikasikan Rabu (1/10/204).

Selain menandatangani perjanjian pembelian aset, EXCL dan SUPR juga menandatangani perjanjian induk sewa menyewa menara.

Kami setuju untuk menyewa kembali menara yang dijual ke Solusi Tunas Pratama untuk jangka waktu 10 tahun,” tambahnya.

Berdasarkan catatan Bisnis, dana hasil penjualan menara itu akan dipakai untuk memangkas utang perseroan yang bertumpuk setelah XL Axiata mengakuisisi PT Axis Telekom Indonesia. Sepanjang semester I/2014 utang XL Axiata mencapai US$1,2 miliar, termasuk utang untuk mengakuisisi Axis.

Seperti diketahui, EXCL menggelontorkan US$865 juta untuk membeli Axis Telekom Indonesia dari Saudi Telecom Company. Dana pembelian senilai US$500 juta berasal dari pinjaman para pemegang saham. Sisanya, sebesar US$365 juta, berasal dari Uni ted Overseas Bank Ltd., DBS Bank Ltd., dan Bank of Tokyo-Mitsubishi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper