Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Solusi Tunas (SUPR) Kuasai 3.500 Menara XL Axiata (EXCL) Rp5,6 Triliun

PT Solusi Tunas Pratama Tbk. (SUPR) menjadi pemenang atas proses tender 3.500 menara yang digelar PT XL Axiata Tbk. (EXCL) selama 3 bulan ini.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Solusi Tunas Pratama Tbk. (SUPR) menjadi pemenang atas proses tender 3.500 menara yang digelar PT XL Axiata Tbk. (EXCL) selama 3 bulan ini.

Nilai pembelian 3.500 menara tersebut mencapai Rp5,6 triliun, dibayar SUPR secara tunai saat penyelesaian transaksi.

EXCL dan SUPR menandatangani perjanjian pembelian aset (asset purchase agreement) dan perjanjian induk sewa menara Rabu, (1/10/2014).

XL Axiata  setuju untuk menyewa kembali menara yang telah dijual kepada SUPR untuk jangka waktu 10 tahun. XL juga mendapatkan persyaratan sewa yang kompetitif sebagai penyewa utama. Dengan begitu, XL dapat menghemat belanja modal dan biaya operasional perseroan.

Hasnul Suhaimi, Chief Executive Officer XL Axiata, mengatakan penjualan menara kepada SUPR merupakan langkah positif untuk mencapai strategi pengurangan aset (asset light strategy) sehingga sumber daya manusia semakin fokus dalam bisnis inti dan menjamin tercapainya pengalaman pelanggan yang terbaik.

Penjualan ini membuat XL dapat meningkatkan nilai dari portofolio menara XL dengan harga yang terbaik disertai syarat dan ketentuan transaksi yang memberikan nilai tambah bagi perusahaan.

"XL akan menggunakan dana hasil transaksi ini untuk mengurangi sebagian beban hutang,” kata Hasnul dalam siara pers yang diterima Bisnis, Rabu, (1/10/2014).

Nobel Tanihaha, Presiden Direktur SUPR menambahkan melalui transaksi penjualan menara terbesar di Indonesia saat ini, perseroan antusias menambah portofolio aset menara berkualitas dengan jumlah penyewaan yang sudah pasti serta memiliki potensi untuk penambahan penyewaan.  

"Transaksi ini semakin memantapkan posisi STP dalam kategori tiga besar perusahaan penyedia menara independen yang memiliki portofolio yang kuat di Indonesia," ujar Nobel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper