Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CPO: Pasar Dalam Negeri Teropong Kegiatan Importir Asing Tambah Stok

Permintaan komoditas minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) diprediksi meningkat pada September-Oktober 2014, menyusul potensi munculnya aktivitas re-stocking dari para importir
 Sawit/Bisnis
Sawit/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA– Permintaan komoditas minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) diprediksi meningkat pada September-Oktober 2014, menyusul  potensi munculnya aktivitas penambahan stok (re-stocking) dari para importir.

Vasthi J. P. Erizal, Analis Riset PT Kresna Securities, mencatat sejak Malaysia membebaskan pajak ekspor komoditas itu, terjadi peningkatan sebesar 32% pada pengiriman dari produsen CPO terbesar kedua tersebut sepanjang periode 1-15 September 2014.

Kebijakan tersebut akan ditiru oleh Indonesia, yang merupakan produsen terbesar CPO, pada Oktober 2014. Di sisi lain, inventarisir CPO di China dilaporkan cukup rendah akibat turunnya ekspor dari Malaysia ke negeri konsumen itu pada Agustus 2014.

“Permintaan mungkin akan melonjak pada periode September atau Oktober 2014 akibat kegiatan re-stocking tersebut,” ujar Vasthi melalui hasil riset yang diterima Bisnis, Senin (22/9/2014).

Selain itu, tambahnya, perlu diingat bahwa secara historis ketika mendekati akhir masa puncak siklus produksi dan tahun baru China, permintaan CPO cenderung meningkat. Kemudian, bertambahnya titik api di Sumatra dan Kalimantan memacu importir untuk menimbun CPO ketika suplai mulai menipis.

“Meskipun demikian, kita harus tetap mencermati harga kedelai (soybean) karena volatilitasnya dapat menghambat kenaikan harga CPO,” jelas Vasthi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper