Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JSMR: Groundbreaking Tol Medan-KNIA-Tebing Tinggi Pekan Depan

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. akan melakukan pemasangan tiang pancang atau groundbreaking proyek jalan tol Medan-Kuala Namu International Airopot-Tebing Tinggi di Sumatra Utara pekan depan.
Ilustrasi/
Ilustrasi/

Bisnis.com, JAKARTA- PT Jasa Marga (Persero) Tbk. akan melakukan pemasangan tiang pancang atau groundbreaking proyek jalan tol Medan-Kuala Namu International Airopot-Tebing Tinggi di Sumatra Utara pekan depan.

Direktur Keuangan PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Reynaldi Hermansyah mengatakan perseroan sebagai pemegang saham mayoritas sebesar 55% konstruksi jalan tol sepanjang 61 Km tersebut. Jasa Marga membangun sekitar 43 Km dari total proyek.

"Total investasi sebesar Rp6 triliun, kami menyediakan dana Rp4 triliun dari kas internal dan eksternal berupa pinjaman perbankan 70%," ujar Reynaldi.

Diperkirakan pengerjaan proyek tersebut akan berlangsung selama 2 tahun dengan empat ruas. Emiten berkode saham JSMR itu akan meraih konsesi selama 40 tahun. Diperkirakan potensi pengguna jalur bebas hambatan di ruas tersebut mencapai 18.000-20.000 kendaraan per hari.

Pekerjaan proyek tol itu digarap bersama dengan BUMN lain yakni PT Waskita Karya (Persero) Tbk., PT Hutama Karya (Persero), dan PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk. Masing-masing BUMN Karya tersebut menggenggam saham 15%.

Ditemui terpisah, Direktur Keuangan PTPP Tumiyana mengatakan porsi kepemilikan 15% dari proyek tol Medan-Kuala Namu-Tebing Tinggi akan mengandalkan fasilitas pinjaman.

"Kami akan mengandalkan fasilitas pinjaman dari perbankan guna mencukupi kebutuhan dana dalam proyek tersebut," paparnya Kamis (18/9/2014).

Proyek tol Medan-Kuala Namu diperkirakan akan mulai tahap konstruksi pada 2015 mendatang dan akan rampung pada 2018. Tol ini akan terbagi dua porsi yakni pemerintah dan investor.

Pemerintah sudah melakukan proses konstruksi dari Medan-Par Barakan-Kuala Namu. Sedangkan investor akan mengerjakan porsi Par-Barakan hingga Tebing Tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sukirno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper