Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Supir Taksi Express Ikuti Pelatihan Eco Driving

PT Express Transindo Utama, Tbk (Express Group), sebagai pengelola layanan transportasi darat di Indonesia bekerja sama dengan Auto 2000 mengadakan pelatihan supir dengan tema Eco Driving Training untuk meningkatkan kapasitas dan keahlian mitra pengemudi di pool Taksi Express di Jagakarsa, Jakarta.

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Express Transindo Utama, Tbk (Express Group), sebagai pengelola layanan transportasi darat  di Indonesia  bekerja sama dengan Auto 2000 mengadakan pelatihan supir dengan tema Eco Driving Training untuk meningkatkan kapasitas dan keahlian mitra pengemudi di pool Taksi Express di Jagakarsa, Jakarta.

"Eco Driving Training adalah pelatihan cara mengemudi yang efisien dalam penggunaan energi pada kendaraan," kata Herwan Gozali, Direktur Operasional Express Group.

Pelatihan itu meliputi keterampilan defensive driving dan safety driving, sehingga mitra pengemudi dapat mengetahui cara berkendara yang lebih hemat, ramah lingkungan, irit bahan bakar, serta lebih aman.

Pelatihan itu rutin dilakukan sebagai edukasi bagi mitra pengemudi Express Group. Seiring perkembangan teknologi kendaraan, maka pelatihan tahun ini juga dilakukan untuk kendaraan bertransmisi manual maupun automatic.

Eco Driving Training itu merupakan agenda rutin perusahaan untuk meningkatkan kualitas layanan dan kemampuan mengemudi para mitra.

Pelatihan yang dilakukan dengan bimbingan para ahli  Auto 2000 itu meliputi pemeriksaan harian kendaraan agar siap dipakai dan teknik berkendara dengan metode Eco Driving agar lebih hemat.

Dalam sesi pelatihan, ahli Eco Driving Auto 2000, Samsudin, mengatakan bahwa kunci dari Eco Driving adalah ketenangan dalam mengemudi. “Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti menghindari akselerasi dan perlambatan mendadak. Selain itu, berkendara dengan sering berhenti dan bergerak lagi atau stop and go akan membuat bahan bakar lebih boros. Kemudian hindari pengereman yang tidak perlu, pertahankan dengan kecepatan tetap dan jaga jarak yang tetap dari kendaraan di depan Anda untuk menghindari pengereman mendadak,” kata Samsudin, dalam rilisnya yang diterima hari ini, Kamis (18/9/2014).

Herwan menjelaskan  manfaat dari penerapan sistem  Eco Driving,  antara lain menghemat BBM, menurunkan biaya pemeliharaan, mengurangi polusi udara dan emisi gas rumah kaca (CO2), serta meningkatkan tanggung jawab dalam berkendara.

Selain itu Eco Driving akan mengurangi resiko kecelakaan dan meningkatkan kenyamanan penumpang saat berkendara. “Jadi pelatihan ini kami lakukan juga untuk menjaga dan meningkatkan keamanan dan kenyamanan pelanggan saat menggunakan layanan Taksi Express,” kata Herwan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Efita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper