Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HARGA EMAS: Logam Mulia Diperdagangkan di Level Terendah 8 Bulan

Emas diperdagangkan di dekat level terendah 8 bulan di tengah spekulasi bahwa penurunan harga dapat memacu pembelian sebelum Federal Reserve memulai pertemuan kebijakan 2 hari.
Emas menuju kerugian kuartalan pertama tahun ini. /Bisnis.com
Emas menuju kerugian kuartalan pertama tahun ini. /Bisnis.com

Bisnis.com, SINGAPURA - Emas diperdagangkan di dekat level terendah 8 bulan di tengah spekulasi bahwa penurunan harga dapat memacu pembelian sebelum Federal Reserve memulai pertemuan kebijakan 2 hari.

Emas batangan untuk pengiriman segera naik dan turun setidaknya 0,2%, sebelum diperdagangkan sedikit berubah pada US$1.231,53 per ounce pada pukul 10:06 di Singapura, menurut harga generik Bloomberg.

Logam ini turun sebelumnya menjadi US$1.225,67, terendah sejak 9 Januari.

Indeks kekuatan relatif  (RSI) 14-hari tertahan di bawah level 30 untuk hari ketiga hari ini, menandakan bahwa harga kemungkinan siap untuk rebound.

Emas menuju kerugian kuartalan pertama tahun ini karena Bloomberg Dollar Spot Index naik 4,7% sejak akhir Juni.

Logam mulia menghentikan reli 12 tahun pada 2013 di tengah ekspektasi Federal Reserve akan mengurangi pembelian aset bulanan, yang telah melakukan 6 kali.

The Fed memulai pertemuan kebijakan 2 hari besok setelah data pada 13 September menunjukkan penjualan ritel naik pada Agustus oleh yang paling dalam 4 bulan.

"Dolar akan terus menjadi kunci dan tampaknya akan menguat lebih lanjut," kata Sun Yonggang, analis makroekonomi Everbright Futures Co di Shanghai.

"Sementara data AS tetap mixed, ekonomi di luar AS tampaknya melambat, membantu dolar dan membuat emas mahal bagi pemegang mata uang lainnya."

Produksi industri China meningkat di laju terlemah sejak krisis keuangan global, 13 September, demikian data menunjukkan, menambah kekhawatiran bahwa permintaan emas dapat melambat di negeri pengguna terbesar karena ekonomi kehilangan momentum.

Volume untuk kontrak spot patokan di Shanghai mundur ke terendah 1 pekan pada 12 September. Di India, pengguna terbesar kedua, impor kemungkinan turun di bawah 350 metrik ton pada semester kedua tahun karena pelemahan berlanjut, menurut Edelweiss Financial Services Ltd.

Bullion Holdings

Emas untuk pengiriman Desember turun sebanyak 0,4% menjadi US$1.226,30 per ounce di Comex di New York, terendah sejak 9 Januari Investor mengurangi taruhan bullish pada emas selama seminggu berturut-turut untuk 71.376 kontrak, terendah sejak Juni, demikian data Commodity Futures Trading Commission.

Stok SPDR Gold Trust, produk terbesar yang diperdagangkan di bursa yang didukung emas, pekan lalu mengalami konstraksi 2 minggu.

Spot perak diperdagangkan pada level US$18,635 per ons dariUS$18,6387 pada 12 September, ketika harga turun menjadi US$ 18,4675, terendah sejak Juni 2013.

Platinum kehilangan 0,2% menjadi US$1.369 per ounce, setelah mundur 12 September menjadi US$1.355,88, terendah tahun ini. Palladium berada di US$ 837,75 per ons dari US$ 837,50 pada 12 September, ketika logam turun menjadi US$ 821,35, terendah sejak Juni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper