Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HARGA PALLADIUM Naik Ke Level Tertinggi 13 Tahun, Emas Tertahan

Palladium naik ke level tertinggi dalam lebih dari 13 tahun, seiring dengan kemungkinan sanksi lebih lanjut terhadap Rusia yang meningkatkan kekhawatiran bahwa pasokan dari produsen terbesar mungkin terganggu. Emas tertahan di bawah level tertinggi 1 pekan.
Palladium /wikipedia.org
Palladium /wikipedia.org

Bisnis.com, SINGAPURA - Palladium naik ke level tertinggi dalam lebih dari 13 tahun, seiring dengan kemungkinan sanksi lebih lanjut terhadap Rusia yang meningkatkan kekhawatiran bahwa pasokan dari produsen terbesar mungkin terganggu. Emas tertahan di bawah level tertinggi 1 pekan.

Palladium untuk pengiriman segera ditambahkan sebanyak 0,4% menjadi US$908,83 per ounce, dan diperdagangkan di level US$906 pada pukul 11:30 di Singapura, maju untuk hari keempat, demikian harga generik Bloomberg menunjukkan.

Logam itu naik ke US$ 909,35 pada 29 Agustus, tertinggi sejak Februari 2001, dan ditutup bulan ketujuh keuntungan yang beruntun terpanjang sejak Januari 2011.

Pemerintah Uni Eropa sepakat untuk menjatuhkan sanksi baru terhadap Rusia jika konflik dengan Ukraina memburuk. Tidak ada sanksi terkait logam.

Palladium telah maju 26% tahun ini karena peningkatan penggunaan dalam catalytic converter, yang mengekang emisi berbahaya dalam mobil, dan 5 bulan mogok tambang yang berakhir pada Juni di Afrika Selatan, produsen terbesar kedua, mengurangi persediaan.

"Palladium berada di posisi baik untuk keuntungan lebih lanjut," Victor Thianpiriya, analis di Australia & New Zealand Banking Group Ltd, menulis dalam catatan hari ini. "Harga hit tertinggi sejak 2001 karena kekhawatiran pasokan dipasang di tengah prospek untuk sanksi lebih lanjut terhadap Rusia."

Emas untuk pengiriman segera diperdagangkan pada US$1.287,43 per ons dari US$ 1.287,32 pada 29 Agustus, ketika logam itu menyelesaikan kenaikan mingguan pertama dalam tiga. Harga naik ke level tertinggi 1 pekan dari US$ 1.296,61 pada 28 Agustus, setelah Amerika Serikat dan Eropa mengutuk apa yang mereka katakan adalah serangan oleh Rusia ke Ukraina.

Emas untuk pengiriman Desember berada di level US$1.288,20 per ounce di Comex di New York dari US$ 1.287,40 pada 29 Agustus.

Posisi net-long emas turun 21% menjadi 92.734 kontrak berjangka dan opsi, penurunan terbesar sejak 3 Juni, demikian Data Komisi Perdagangan Berjangka Komoditi AS. Pasar AS ditutup hari ini untuk liburan Hari Buruh.

Spot perak diperdagangkan pada US$19,4933 per ons dari US$19,465 pada 29 Agustus. Platinum sedikit berubah pada US$1.422,88 per ounce.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Bloomberg

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper