Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

INDEKS BEI SESI I (1 September): Data BPS di Atas Ekspektasi, Asing Aksi Beli

Setelah hampir sepekan sebelumnya cenderung diwarnai oleh aksi jual (net sell), Indeks harga saham gabungan (IHSG) mengawali pekan ini dengan aksi beli (net buy) senilai Rp81,6 miliar pada akhir sesi I Senin (1/9/2014), tepat pasca publikasi indikator ekonomi dari Badan Pusat Statistik (BPS).
 Bursa Efek Indonesia/Bisnis
Bursa Efek Indonesia/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA– Setelah hampir sepekan sebelumnya bursa cenderung diwarnai oleh aksi jual (net sell), mengawali minggu ini investor asing melakukan  aksi beli (net buy) senilai Rp81,6 miliar pada akhir sesi I Senin (1/9/2014), setelah  publikasi indikator ekonomi dari Badan Pusat Statistik (BPS).

IHSG pada sesi I hari ini ditutup naik 0,67% ke level 5.171,2.

Berdasarkan data HP Analytics sejumlah saham yang banyak diincar asing adalah BBCA yang melejit 4,46%, ICBP yang naik 1,9%, dan LPPF yang menguat 1,53%.

Adapun sejumlah saham yang banyak dilego investor asing adalah TLKM yang naik 0,75%, VIVA yang melonjak 3,51%, dan BUMI yang menguat 2,05%.

Dalam riset itu disebutkan bahwa penguatan IHSG kali ini diperkirakan diakibatkan respons pelaku pasar terhadap penurunan sebelumnya, dengan kembali melakukan aksi beli.

“(Selain itu juga dipengaruhi oleh) ke luarnya data inflasi dan neraca perdagangan yang lebih baik dibandingkan dengan ekspektasi analisis, serta adanya sentimen positif dari bursa global dan regional,” demikian tercantum dalam riset HP Analytics yang diterima Bisnis, Senin (1/9/2014).

Seperti diketahui pada Jumat (29/8/2014) net sell yang dialami IHSG sesi I mencapai Rp200,8 miliar pada Kamis (28/8/2014) net sell sebesar Rp21,9 miliar, dan pada Selasa (26 Agustus 2014) aksi jual mencapai 114,9 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper