Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HARGA MINYAK: WTI dan Brent Menguat Dipicu Data Positif AS dan Krisis Ukraina

Harga minyak dunia naik pada Jumat (Sabtu pagi WIB), karena data ekonomi yang kuat mengangkat prospek permintaan di Amerika Serikat dan meningkatnya ketegangan antara Ukraina dan produsen energi utama Rusia.

Bisnis.com, NEW YORK - Harga minyak dunia naik pada Jumat (Sabtu pagi WIB), karena data ekonomi yang kuat mengangkat prospek permintaan di Amerika Serikat dan meningkatnya ketegangan antara Ukraina dan produsen energi utama Rusia.

Patokan AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Oktober, didorong lebih tinggi untuk hari keempat berturut-turut, melambung US$1,41 menjadi ditutup pada US$95,96 per barel.

Minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Oktober, bertambah US$73 sen menjadi menetap di US$103,19 per barel di perdagangan London.

Meskipun naik, harga minyak ditutup lebih rendah pada bulan tersebut, dengan WTI 2,3% dan Brent turun 2,7%.

Serangkaian data sebagian besar menggembirakan pada ekonomi AS minggu ini, tampak mengindikasikan permintaan lebih potensial di konsumen minyak terbesar dunia.

Data PDB yang kuat di Amerika Serikat adalah kontras dengan kesulitan ekonomi di Eropa yang hanya akan bertambah buruk jika ada lebih banyak sanksi terhadap Rusia.

Amerika Serikat mengatakan pihaknya sedang mempertimbangkan sanksi baru terhadap Rusia karena keterlibatannya di Ukraina, di mana separatis pro-Kremlin telah berperang melawan pemerintahan Kiev sejak April.

NATO memperingatkan Rusia pada Jumat atas apa yang digambarkan sebagai "pelanggaran terang-terangan" kedaulatan Ukraina setelah Barat menuduh Moskow terlibat langsung dalam konflik yang terus meningkat.

Presiden Rusia Vladimir Putin telah berulang kali membantah bahwa Moskow telah memicu konflik atau menempatkan pasukannya di bekas negara Soviet itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor
Editor : Nurbaiti
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper