Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

APLN Akuisisi Saham Graha Cipta Kharisma Rp305 Miliar

-PT Agung Podomoro Land Tbk mengeluarkan dana Rp305 miliar untuk mengambil alih 85% saham PT Graha Cipta Kharisma.

Bisnis.com, JAKARTA--PT Agung Podomoro Land Tbk mengeluarkan dana Rp305 miliar untuk mengambil alih 85% saham PT Graha Cipta Kharisma.

Dalam keterangan resminya yang diterima Bisnis, Rabu (27/8), emiten properti itu menyebutkan Graha Cipta Kharisma (GCK) merupakan pemilik lahan seluas 9,5 hektare di kawasan Klender, Jakarta Timur.

Dana Rp305 miliar tersebut, lanjut perseroan, termasuk pinjaman yang dapat dikonversi menjadi saham.

Di atas lahan tersebut, Agung Podomoro (APLN) berencana membangun mixed-use property yang terdiri dari enam menara apartemen, ruko, serta area komersial.

Kinerja perusahaan selama semester I/2014 tidak cukup baik. Perseroan hanya mampu meraup pendapatan sebesar Rp2,29 triliun, lebih rendah 5,45% dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Sementara, laba bersih tercatat turun 28,67% dari Rp504,23 miliar ke posisi Rp359,66 miliar. Beban usaha juga menunjukkan kenaikan dari Rp432,3 miliar ke Rp506,5 miliar.

Padahal, beban pokok penjualan dan beban langsung mengalami penurunan, meskipun relatif kecil, dari Rp1,25 miliar ke Rp1,2 miliar.

Direktur Keuangan APLN Cesar dela Cruz menyatakan turunnya kinerja disebabkan keterlambatan pengakuan atas penjualan yang sudah terjadi.

“Ada beberapa proyek yang sudah berjalan tapi belum masuk revenue-nya. Hanya keterlambatan recognition,” terangnya kepada Bisnis, beberapa waktu lalu.

APLN optimis kinerja di semester kedua dapat membaik dan target perseroan tercapai.

Cesar menyebutkan pihaknya meyakini dapat mencapai pertumbuhan penjualan dan pendapatan minimal 5% dari posisi tahun lalu. Laba perseroan pada 2013 tercatat sebesar Rp851,43 miliar.

Namun, dia tidak menutup kemungkinan akan adanya revisi target kinerja. “Kalau ada perubahan, kami akan umumkan setelah kuartal ketiga,” lanjut Cesar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Annisa Margrit
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper