Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Imbas Kenaikan TDL, Lotte Chemical Sulit Kejar Laba Bersih

PT Lotte Chemical Titan Tbk. mengaku sulit mengejar posisi untung atau laba bersih pada tahun ini akibat kondisi industri petrokimia yang tengah sulit, apalagi dengan adanya kenaikan tarif dasar listrik bagi industri.
Ilustrasi/lottechem.co.id
Ilustrasi/lottechem.co.id

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Lotte Chemical Titan Tbk. mengaku sulit mengejar posisi untung atau laba bersih pada tahun ini akibat kondisi industri petrokimia yang tengah sulit, apalagi dengan adanya kenaikan tarif dasar listrik bagi industri.

Meski ada pengurangan nilai rugi bersih dibandingkan dengan semester I/2013, emiten yang berkode FPNI itu masih mengalami rugi bersih sebesar US$3,69 juta atau setara dengan Rp43,22 miliar dengan kurs 11.715 pada semester I/2014.

Yoon SungKu, Direktur Utama PT Lotte Chemical Titan Tbk. yang baru ditetapkan melalui rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPS-LB), mengkalkulasikan perseroannya terkuras hingga US$5 juta hanya untuk biaya listik yang naik.

“Pada 1 Juli 2014 listrik naik, lalu nanti 1 September dan 1 November akan naik lagi. Dengan kenaikan dari Januari hingga September nanti sebesar 65%, itu membuat kondisi menjadi sulit,” katanya selepas acara RUPS-LB, Selasa (26/8/2014).

Dia mengatakan kondisi ini diperparah dengan siklus industri petrokimia, termasuk industri plastik dan kemasan yang menjadi core business perseroan, tengah turun atau berada di posisi bawah.

“Siklus naik turunnya industri ini besar dipengaruhi oleh faktor supply and demand. Saat ini permintaan sedang menurun, sehingga tantangannya pada tahun ini memang sangat berat,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Abdalah Gifar
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper