Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HD CAPITAL: Sentimen Jokowi Kuat, IHSG Terbang di Atas 3% Break 5.250

AAA Securities memperkirakan indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Rabu (23/7/2014) berada di level support 4.999, 4.835, dan resisten 5.250.
Bursa Efek Indonesia/Bisnis.com
Bursa Efek Indonesia/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA—AAA Securities memperkirakan indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Rabu (23/7/2014) berada di level support 4.999, 4.835, dan resisten 5.250.

Equity Technical Analyst AAA Securities Wijen Pontus mengatakan IHSG kemarin tetap membentuk bearish engulfing dan ditutup di bawah MA-5, meskipun hanya undershoot.

“Ini tetap menjadi early warning IHSG masih rentan dan volatile,” kata Wijen dalam risetnya yang diterima hari ini, Rabu (23/7/2014).

Dikemukakan IHSG perlu break new high di level 5.165, untuk kembali mengejar target wave v di 5.250. Sekaligus untuk membatalkan efek dari bearish engulfing.

“Sebagai catatan, masih banyak institusi yang melakukan wait and see hingga 1-2 minggu ke depan,” kata Wijen.

Untungnya, tambah dia, sentimen positif kuat datang dari pengumuman KPU yang menetapkan Jokowi-JK sebagai presiden dan wakil presiden Indonesia terpilih untuk periode 2014-2019.

Sentimen positif juga datang dari bursa Amerika dan Eropa yang ditutup menghijau.

Berdasarkan banyak prediksi analis, dengan terpilihnya Jokowi, IHSG harusnya akan rebound kuat dan rupiah akan menguat kembali.

“Seharusnya, jika sentimen Jokowi memang betul-betul kuat, IHSG akan dengan mudah menguat di atas 3% dan break 5.250 hari ini, atau persis sama ketika Jokowi diumumkan sebagai calon presiden oleh PDIP pada tanggal 14 Maret,” ujar Wijen.

Jika penguatan hari ini kurang dari 3%, ujarnya, berarti Jokowi effect dan euforia market tampaknya sudah tidak begitu besar.

Support penting IHSG ada di 4.999. Jika IHSG tembus level ini, IHSG terkonfirmasi berbalik arah dan selesai membentuk wave X.

“Kami tetap merekomendasikan untuk perbanyak cash dan mengurangi posisi portofolio, hingga posisi IHSG benar-benar stabil dan ada sinyal pemulihan fundamental makro ekonomi Indonesia,” kata Wijen.

 

AAA Securities mengemukakan ada 4 saham yang dapat dipertimbangkan pada perdagangan hari ini, yaitu

Buy on weakness

BWPT kemarin membentuk long legged doji dengan indikator MFI yang mulai menukik ke atas. Ini menunjukkan bahwa wave c BWPT sudah selesai, dan tampaknya BWPT akan kembali menguat menguji level 1.200. Manfaatkan kesempatan ini untuk melakukan BoW

Buy area ideal: 1.140—1.150

Stop loss level: Di bawah 1.100

Target profit: 1.200, 1.250

Speculative buy

ERAA kemarin meskipun sempat turun, tetapi menjelang penutupan, ERAA kembali ditarik naik. ERAA masih ontrack untuk membentuk wave iii dengan target ideal di 1.550. Manfaatkan kesempatan ini untuk speculative buy, memanfaatkan momentum positif dari terpilihnya Jokowi

Buy area ideal: 1285—1.300

Stop loss level: Di bawah 1.220

Target profit: 1.450, 1.550—1.600

  • TLKM

SoS

TLKM kemarin turun agresif dengan volume besar dan membentuk bearish engulfing, meskipun begitu, TLKM perlu turun di bawah 2.550 untuk mengkonfirmasi bahwa wave B sudah selesai. Kami melihat bahwa resiko TLKM sudah besar, jika TLKM hari ini menguat, manfaatkan penguatan ini untuk SoS dulu

Range sell ideal: 2.675-2.725

Target turun terdekat: 2.400

  • BBNI

SoS

BBNI kemarin terkoreksi secara agresif, ini mengindikasikan bahwa wave (5) sudah hampir selesai. Satu kali penurunan di bawah 4.900 akan mengkonfirmasi bahwa wave (5) ini sudah selesai. Meskipun upside masih ada, tetapi sudah sangat terbatas, sehingga kami masih rekomendasikan SOS

Range sell ideal: 5.000—5.150

Target turun terdekat: 4.700, 4.500

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper