Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemain Pasar Saham di Manado Terus Bertambah

Jumlah investor pasar modal di Kota Manado meningkat menjadi 1.976 orang hingga Juni 2014 atau melonjak 59,09% dibandingkan dengan Juni 2013 (year on year) sebanyak 1.242 orang.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, MANADO - Jumlah investor pasar modal di Kota Manado meningkat menjadi 1.976 orang hingga Juni 2014 atau melonjak 59,09% dibandingkan dengan Juni 2013 (year on year) sebanyak 1.242 orang.

Fonny The, Kepala Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI) Manado, menuturkan secara year to date jumlah investor saham meningkat 17,75% dari realisasi Desember 2013 sebanyak 1.678 orang.

Menurut Fonny, pertumbuhan jumlah investor itu dinilai membuktikan bahwa tingkat kesadaran masyarakat daerah tersebut semakin tinggi terhadap pasar modal.

“Sejak membuka kantor perwakilan di sini pada 2007, rata-rata pertumbuhan jumlah investor sekitar 100% per tahun,” katanya kepada Bisnis, Rabu (16/7/2014).

Menurutnya, BEI Manado optimistis bisa meningkatkan jumlah investor hingga 2.500 orang hingga akhir tahun ini atau tumbuh 48,98% dibandingkan dengan jumlah investor hingga akhir tahun lalu sebanyak 1.678 orang.

Selain tingginya minat masyarakat, kata Fonny, sejumlah regulasi yang dikeluarkan BEI dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dinilai mampu menggenjot jumlah investor di sejumlah daerah.

Dia menjelaskan salah satu peraturan yang dinilai berpengaruh positif terhadap penambahan jumlah investor adalah penurunan jumlah lot saham dari 500 lembar menjadi 100 lembar.

Di samping itu, peraturan lainnya adalah uang muka rekening efek yang diturunkan dari Rp250.000 menjadi Rp100.000. “Saat ini, investor semakin dimudahkan dengan regulasi yang dikeluarkan BEI dan OJK,” tuturnya.

Meskipun perkembangan pasar modal di Kota Manado dan sekitarnya cukup baik, Fonny menegaskan masih terdapat berbagai hal yang perlu dikembangkan lagi. “Salah satunya, menjadi investor cerdas,” kata Fonny.

Fonny menambahkan pihaknya akan terus melakukan sosialisasi mengenai pasar modal untuk menggaet lebih banyak lagi investor.

Selain itu, menurutnya, sosialisasi akan terus dilakukan sehingga masyarakat akan lebih paham mengenai manfaat besar berinvestasi di pasar modal. “Investasi cerdas yakni berinvestasi di pasar modal,” kata Fonny.

Dia mengemukakan salah satu langkah sosialisasi yang dilakukan mendirikan Galeri Investasi BEI yang bekerjasama dengan kalangan akademisi dan anggota bursa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Herdiyan
Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper