Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indofood dan Asahi Bidik Penjualan Minuman Nonalkohol Rp5 triliun

Grup Indofood dan Asahi Group Holding Ltd hari ini Senin (24/2/2014) mengumumkan target penjualan minuman nonalkohol di Indonesia senilai Rp5 triliun pada 2017.
Produk minuman nonalkohol merupakan salah satu kategori dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia. /bisnis.com
Produk minuman nonalkohol merupakan salah satu kategori dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia. /bisnis.com

Bisnis.com, TOKYO – Grup Indofood dan Asahi Group Holding Ltd hari ini Senin (24/2/2014) mengumumkan target penjualan minuman nonalkohol di Indonesia senilai Rp5 triliun pada 2017.

Pengumuman tersebut disampaikan dalam jumpa pers bersama di Tokyo, sebagaimana siaran pers yang diterima Bisnis.com.

PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. dan Asahi Group Holding Southeast Asia Pte Ltd, telah mendirikan dua entitas patungan pada Agustus 2012, yakni PT Asahi Indofood Beverages Makmur (AIBM)—yang menangani produksi minuman nonalkohol, dan PT Indofood Asahi Sukses Beverages (IASB)—yang menangani pemasaran dan distribusi minuman nonalkohol. Keduanya disebut disebut JV Subsidiaries.

Guna mempercepat peluncuran dan pertumbuhan kegiatan usaha miniinuman beralkohol pada September 2013, JV Subsidiaries telah menyelesaikan transaksi pembelian seluruh saham Indobeverages yang merupakan bottler minuman berkarbonasi dan juice dengan merek – merek Pepsi, demikian Indofood dalam siaran persnya.

Pada Oktober 2013, JV Subsidiaries dan PT Multi Bahagia (MB)--keduanya disebut JV Bottled Water—juga mendirikan dua entitas patungan yang masing–masing bertanggung–jawab untuk memproduksi dan mendistribusikan air minum dalam kemasan.

Selanjutnya, pada Januari 2014, entitas Bottled Water menyelesaikan akuisisi aset dan merek dagang (CLUB) yang merupakan produsen AMDK terbesar kedua di Indonesia.

Pada Desember 2013, JV Subsidiaries memasuki kategori ready to drink tea di Indonesia dengan meluncurkan Ichi Ocha dan berencana meluncurkan produk dalam kategori ready-to-drink coffee dan functional drink pada 2014.

Saat ini, AIBM sedang membangun sebuah pabrik baru dan diperkirakan akan mulai bneroperasi pada semester kedua 2014, sehingga jumlah pabrik akan menjadi 17 unit termasuk dengan dua pabrik PCIB dan 14 pabrik AMDK.

Produk minuman nonalkohol merupakan salah satu kategori dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia. Menurut Canadean, perusahaan consumer market research, pasar produk minuman nonalkohol mencapai lebih dari US$8 miliar dan mengalami pertumbuhan double digit dalam beberapa tahun terakhir.

Nilai industri minuman nonalkohol di Indonesia (Rp miliar)

2011 

78.134,5

2012

87.605,8

2013F

103.482,5

2014F

120.268,0

2017F

187.799,5

F, forecast

Sumber: Canadean

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fatkhul-nonaktif
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper