Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Karet di Palembang Turun ke Rp21.000/Kg

Harga bahan olah karet kadar kering kualitas 90% di Sumatera Selatan, Minggu (16/2/2014) tercatat Rp20.188 per kilogram atau turun dibanding kondisi dua hari sebelumnya Rp21.046 per kg.

Bisnis.com, PALEMBANG - Harga bahan olah karet kadar kering kualitas 90% di Sumatera Selatan, Minggu (16/2/2014) tercatat Rp20.188 per kilogram atau turun dibanding kondisi dua hari sebelumnya Rp21.046 per kg.

Sekretaris Gabungan Pengusaha Karet Indonesia (Gapkindo) Sumsel Awie Aman mengatakan turunnya harga bahan olah karet (bokar) kualitas 90% itu antara lain penyesuaian perkembangan pasaran di luar negeri.

Memang diakuinya, harga karet sejak dua pekan terakhir ini belum stabil, selalu terjadi perubahan disesuaikan dengan perkembangan pasaran di luar negeri.

Namun demikian, kata dia, harga bokar kualitas 90% di Sumsel dalam dua pekan terakhir ini masih kisaran antara Rp20.000-Rp22.000 per kg.

Menurut dia, sebagian besar hasil karet Sumsel diekspor ke sejumlah negara konsumen, sehingga penetapan harga di Sumsel menyesuaikan.

Dijelaskannya, di Sumsel terdapat belasan unit perusahaan pengolahan karet anggota Gapkindo yang hampir seluruhnya melakukan kegiatan ekspor.

Menurut Awie, dari belasan industri pengolahan bokar itu sebagian besar berada di wilayah Kota Palembang, khususnya di kawasan bantaran Sungai Musi.

Sementara itu, bokar yang diekspor tersebut adalah yang didatangkan para pedagang pengumpul dari sejumlah daerah sentra produksi di Sumsel, seperti Kabupaten Muaraenim, Lahat, Ogan Komering Ulu, OKU Timur, Ogan Komering Ilir, Banyuasin dan Kabupaten Musibanyuasin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor
Editor : Sepudin Zuhri
Sumber : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper