Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Astra Waspadai Dampak Pelemahan Rupiah, Upah Buruh Naik

Lini usaha onderdil kendaraan Grup Astra, PT Astra Otoparts Tbk. (AUTO) memprediksi pelemahan nilai tukar rupiah dan kenaikan upah buruh akan menekan beban operasional perseroan.

Bisnis.com, JAKARTA—Lini usaha onderdil kendaraan Grup Astra, PT Astra Otoparts Tbk. (AUTO) memprediksi pelemahan nilai tukar rupiah dan kenaikan upah buruh akan menekan beban operasional perseroan.

Direktur Keuangan Astra Otoparts Darmawan Widjaja menuturkan kondisi tersebut dipastikan membuat kinerja laba bersih perusahaan tertekan.

Menurutnya, kondisi tersebut tampak pada realisasi kinerja Astra Otoparts sepanjang 9 bulan pertama tahun ini.

Meski pendapatannya tumbuh 26% menjadi Rp7,76 triliun, laba bersih perseroan turun 16% menjadi Rp646 miliar pada periode tersebut.

“Pelemahan rupiah menyebabkan beban material bahan baku meningkat karena sebagian besar masih diimpor,” tuturnya, Senin (2/12/2013).

Oleh karena itu, perseroan memilih pasrah menghadapi sisa akhir tahun ini. Dia memprediksi kinerja laba bersih akan melanjutkan tren penurunan, meski pendapatan tumbuh signifikan.

Akan tetapi, perseroan belum merevisi target laba bersih. Astra Otoparts berharap nilai tukar rupiah kembali menguat terhadap dollar AS agar mampu meningkatkan kinerja perseroan.

Menanggapi kenaikan upah buruh, saat ini perseroan meminta agar para pegawai Astra Otoparts untuk memaksimalkan biaya operasional dengan meningkatkan produktivitas dibandingkan dengan sebelumnya.

“Kami harus banyak melakukan kegiatan untuk menambah produktivitas, ekspor angkanya tidak turun, tapi tidak juga tinggi,” tuturnya.

Di tengah menghadapi kondisi makroekonomi yang belum pasti, Astra Otoparts merevisi belanja modal (capital expenditure/capex) tahun ini dari rencana semula Rp6 triliun menjadi hanya Rp4,5 triliun hingga Rp5 triliun.

Hal itu disebabkan ada sejumlah ekspansi perusahaan yang tertunda menjadi tahun depan. “Rencana [belanja modal] semula memang Rp6 triliun, tetapi terkadang cash out tidak maksimal karena berbagai faktor,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Herdiyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper