Kamis, 23 Oktober 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

KAMUS BISNIS: Apa itu Reksa Dana Pendapatan Tetap?

Editor   -   Sabtu, 08 Juni 2013, 20:51 WIB

BERITA TERKAIT

BISNIS.COM, JAKARTA - Reksa Dana Pendapatan Tetap merupakan Reksa Dana yang melakukan investasi sebagian besar pada efek bersifat utang. Umumnya Reksa Dana ini melalui Manajer Investasi melakukan investasi pada obligasi. 

Manajer Investasi membeli obligasi yang terdaftar di BEI atau melalui transaksi pribadi (over the counter atau OTC). Penerbit obligasi bisa perusahaan, agensi pemerintah seperti misalnya bank lokal atau nasional. Organisasi lain juga dapat menerbitkan obligasi, seperti misalnya World Bank.

Untuk investor (Manajer Investasi), membeli obligasi mirip dengan membuat pinjaman kepada penerbit obligasi. Penerbit tersebut membayar bunga secara teratur selama usia obligasi tersebut (term to maturity) dan pada saat maturity tersebut jumlah pokok utang akan dibayarkan kepada investor.

Perusahaan atau pemerintah harus memiliki manajemen keuangan yang kuat untuk dapat melakukan pembayaran bunga secara teratur dan pembayaran hutang pokok tersebut secara tepat waktu. Untuk sebagian obligasi, penerbit membayar agen penilai rating untuk menilai rating yang mengindikasikan kemampuan membayar bunga dan pokok sesuai yang telah disepakati. 

Obligasi telah dikembangkan sejak 20-30 tahun terakhir. Beberapa obligasi sekarang memiliki struktur yang komplek. Sebagian obligasi juga memiliki derivatives. 

Pembayaran kepada investor dilakukan dengan mata uang yang telah disepakati ketika obligasi tersebut diterbitkan. Seperti misalnya akan menggunakan rupiah atau dolar.  

Obligasi diterbitkan dengan jangka waktu 1-5 tahun yang dianggap berumur pendek. Obligasi dengan jangka waktu 5-12 tahun dianggap berumur sedang. Sedangkan yang berjangka waktu diatas 12 tahun dianggap berumur panjang. Biasanya yang paling panjang umurnya adalah 30 tahun. 

 
 
SUMBER: Bapepam-LK

Source : Lahyanto Nadie

Editor : Other

Ikuti berita Bisnis.com melalui smartphone Android dengan aplikasi Android Apps Bisnis.com. Download di Google Play!
 
Beli Buku, Data, ePaper, Indonesia Business Daily bisa dengan kartu kredit. Klik di sini!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.