Selasa, 02 September 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

TELEKOMUNIKASI: Merger & Akuisisi Bisa Longgarkan Persaingan

Lavinda   -   Senin, 27 Mei 2013, 01:01 WIB

BERITA TERKAIT

BISNIS.COM, JAKARTA--Maraknya aksi penggabungan usaha penyedia layanan telekomunikasi dianggap strategi tepat bagi perkembangan  kinerja sekaligus melonggarkan persaingan.

Analis saham PT MNC Securities Edwin Sebayang menyampaikan aksi penggabungan usaha melalui merger maupun akuisisi perusahaan telekomunikasi merupakan strategi yang tepat. Pasalnya, akan berpengaruh besar terhadap pengembangan kinerja sekaligus melonggarkan persaingan antar operator ponsel.

Menurut dia, telekomunikasi adalah industri padat modal sehingga perusahaan kecil yang tidak sanggup bertahan harus mengesampingkan ego dan bergabung dengan perusahaan yang sudah kuat. Alhasil, operator itu bisa lebih berfokus berekspansi menyediakan layanan secara optimal.

“Belanja modal sektor telekomunikasi sangat besar investasinya. Bagi perusahaan kecil yang diakuisisi tentu berdampak positif ke depannya,” tuturnya, Minggu (26/5/2013).

Penggabungan usaha, lanjutnya, bisa meningkatkan efisiensi belanja modal dan margin laba secara bersamaan. Dengan maraknya tren merger atau akuisisi, maka ‘pemain’ semakin mengerucut dan kompetisi semakin longgar sehingga perang tarif yang mengancam pendapatan dapat dikendalikan.


Editor : Hery Lazuardi

Ikuti berita Bisnis.com melalui smartphone Android dengan aplikasi Android Apps Bisnis.com. Download di Google Play!
 

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.