Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HARGA KARET: Thailand Kurangi Ekspor, Harga Langsung Melonjak

BISNIS.COM, TOKYO—Harga karet melonjak ke tingkat tertinggi dalam hampir 2 bulan, setelah pembatasan pengiriman oleh Thailand, eksportir terbesar di dunia. Hal itu mendorong harga tunai menjadi lebih tinggi dari harga acuan di Tokyo Commodity

BISNIS.COM, TOKYO—Harga karet melonjak ke tingkat tertinggi dalam hampir 2 bulan, setelah pembatasan pengiriman oleh Thailand, eksportir terbesar di dunia. Hal itu mendorong harga tunai menjadi lebih tinggi dari harga acuan di Tokyo Commodity Exchange.

Harga karet untuk pengiriman Oktober naik ke level tertinggi untuk perdagangan teraktif sejak 13 Maret, sebanyak 3,3% menjadi ¥ 285,2 per kg (US$2.884 per ton) di bursa Tokyo. Kontrak berjangka diperdagangkan di ¥ 279,8 di 10.16.

Sementara itu, menurut Institut Penelitian Karet Thailand, harga karet free on board Thailand naik ke level tertinggi sejak 12 Maret, sebesar 0,3% menjadi 89.10 baht (US$3) per kg.

Wakil Menteri Pertanian Yuttapong Charasathien mengatakan Thailand memperpanjang batas pada ekspor  sampai dengan 60 hari hingga akhir Mei untuk meningkatkan harga.

"Nilai kontrak berjangka di Tokyo terkoreksi lebih tinggi karena pasar undervalued dibandingkan dengan harga tunai di Thailand," ujar Hideshi Matsunaga, seorang analis ACE Koeki Co di Tokyo. (8/5/2013).

Yuttapong menambahkan, Thailand berencana untuk menurunkan pengiriman karet sebesar 10% sampai Mei untuk mendukung harga. Pemerintah Thailand tidak memiliki rencana segera untuk menjual karet dari stok.

Adapun, harga karet untuk pengiriman September di Shanghai Futures Exchange turun 0,6% menjadi 20.380 yuan (US$3,318) per ton. (sep)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Giras Pasopati
Editor : Sepudin Zuhri
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper