Senin, 15 September 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

EKSPANSI EMITEN: Indofood CBP & Asahi Group dirikan 2 entitas baru

Errol Poluan   -   Senin, 09 Juli 2012, 18:57 WIB

BERITA TERKAIT

BINTAN: PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, anak usaha PT Indofyood Sukses Makmur Tbk, akan mendirikan dua perusahaan baru, berkongsi dengan perusahaan asal Jepang, Asahi Group Holdings Southeast Asia Pte Ltd.

Dua perusahaan yang akan dibangun tersebut membutuhkan total  investasi Rp1,8 triliun hinggal Rp2 triliun. Perusahaan pertama merupakan perusahaan manufaktur yang akan memproduksi minuman ringan non alkohol, sedangkan perusahaan kedua bergerak di bidang pemasaran dan distribusi untuk minuman ringan tersebut.

Perusahaan manufaktur akan diberi nama PT Asahi Indofood Beverage Makmur, dengan komposisi kepemilikan 51% Asahi Group dan 49% Indofood CBP. Adapun, perusahaan kedua akan diberi nama PT Indofood Asahi Suklses Beverage dengan komposisi kepemilikan yakni 49% Asahi Group dan 51% Indofood CBP.

Kedua pihak menandatangani kesepakatan joint venture tersebut siang tadi di Bintan, Kepulauan Riau, diikuti dengan konferensi pers yang sengaja digelar setelah pasar saham ditutup.

Hadir dalam acara tersebut Dirut Indofood CBP Anthoni Salim, Direktur Thomas Tjhie, Direktur Axton Salim, Direktur Werianty Setiawan. Jajaran eksekutif Asahi Group yang hadir CEO Naoki Izumiya dan para direksi yakni Hide Toshi Maeda, dan Yoshimi Miyano, Taemin Park.

"Total investasi fase pertama Rp1,8 triliun hingga Rp2 triliun. Pendirian pabrik ditargetkan selesai dalam waktu 24 bulan," ujar Anthoni.

Dia memperkirakan 70% dari total investasi tersebut akan digunakan untuk pembangunan perusahaan manufaktur dan sisanya untuk perusahaan yang akan menjalankan kegiatan distribusi.

Mengenai sumber pendanaan, Thomas Tjhie mengatakan perseroan belum memutuskan apakah akan menggunakan dana internal atau utang. " Per kuartal I/2012, Indofood CBP punya cash Rp5 triliun. Tapi kamu belum putuskan soal sumber dana, apakah cash atau pinjaman," ujarnya.(mmh)


Editor : Intan Permatasari

Ikuti berita Bisnis.com melalui smartphone Android dengan aplikasi Android Apps Bisnis.com. Download di Google Play!
 
Dapatkan Indonesia Business Daily US$5/Minggu via Internet Banking Mandiri, BCA, BNI, Permata. Klik disini!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik disini!

Layak Disimak

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.